Sejarah Ditemukanya Gitar


Sebelum pengembangan gitar listrik dan penggunaan bahan sintetis, gitar didefinisikan sebagai instrumen yang memiliki "leher panjang, resah, papan suara kayu datar , tulang rusuk, dan punggung datar, paling sering dengan sisi yang diluruskan." [2] Istilah ini digunakan untuk merujuk pada sejumlah kordofon yang dikembayngkan dan digunakan di seluruh Eropa, dimulai pada abad ke-12 dan, kemudian, di Amerika. [3] Sebuah pahatan batu Hittite yang berusia 3.300 tahun yang memainkan alat musik gesek adalah representasi ikonografi tertua dari sebuah plakat chordophone dan tanah liat dari Babyloniamenunjukkan kepada orang-orang memainkan alat musik yang memiliki kemiripan yang kuat dengan gitar, menunjukkan kemungkinan asal Babel untuk gitar. [2]

Gitar kata modern , dan pendahulunya, telah diterapkan pada berbagai chordophones sejak zaman klasik dan dengan demikian menyebabkan kebingungan. Kata bahasa Inggris gitar, Jerman Gitarre , dan Perancis guitare semua diadopsi dari Spanyol guitarra , yang berasal dari Andalusia Arab قيثارة ( qīthārah ) [4] dan Latin cithara , yang pada gilirannya berasal dari Yunani Kuno κιθάρα . Kithara muncul dalam Alkitab empat kali (1 Kor. 14: 7, Why. 5: 8, 14: 2 dan 15: 2), dan biasanya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagaikecapi .

Banyak pengaruh dikutip sebagai anteseden gitar modern. Meskipun perkembangan "gitar" yang paling awal hilang dalam sejarah Spanyol abad pertengahan, dua instrumen umumnya disebut sebagai pendahulunya yang paling berpengaruh, kecapi Eropa dan sepupunya, oud empat senar ; yang terakhir dibawa ke Iberia oleh bangsa Moor di abad ke-8. [5]

Setidaknya dua instrumen yang disebut "gitar" digunakan di Spanyol oleh 1200: guitarra latina (gitar Latin) dan apa yang disebut guitarra morisca (gitar Moor). Guitarra morisca memiliki punggung bulat, fingerboard lebar, dan beberapa lubang suara. Guitarra Latina memiliki lubang suara tunggal dan leher yang lebih sempit. Pada abad ke-14 kualifikasi "moresca" atau "morisca" dan "latina" telah dijatuhkan, dan kedua cordophones ini hanya disebut sebagai gitar. [6]

Vihuela Spanyol , yang disebut dalam bahasa Italia " viola da mano ", instrumen seperti gitar dari abad ke-15 dan ke-16, secara luas dianggap sebagai pengaruh paling penting dalam pengembangan gitar barok. Itu memiliki enam kursus (biasanya), penyetelan seperti kecapi di keempat dan tubuh seperti gitar, meskipun representasi awal mengungkapkan instrumen dengan pinggang dipotong tajam. Itu juga lebih besar dari gitar empat-kursus kontemporer. Pada abad ke-16, konstruksi vihuela memiliki lebih banyak kesamaan dengan gitar modern, dengan rusuk one-piece melengkung, daripada dengan viols, dan lebih seperti versi yang lebih besar dari empat- kursus kontemporergitar. Vihuela hanya menikmati periode popularitas yang relatif singkat di Spanyol dan Italia selama era yang didominasi oleh kecapi ; musik yang diterbitkan terakhir yang masih bertahan untuk instrumen muncul pada 1576. [7]

Sementara itu, gitar baroque lima-kursus , yang didokumentasikan di Spanyol dari pertengahan abad ke-16, menikmati popularitas, terutama di Spanyol, Italia dan Prancis dari akhir abad ke-16 hingga pertengahan abad ke-18. [A] [B] Di Portugal, kata viola disebut gitar, sebagai guitarra berarti " gitar Portugis ", berbagai cittern .

Ada banyak instrumen dipetik yang berbeda [8] yang sedang diciptakan dan digunakan di Eropa, selama Abad Pertengahan. Pada abad ke-16, sebagian besar bentuk gitar telah jatuh, tidak pernah terlihat lagi. Namun, pertengahan abad ke-16, gitar lima-kursus [9]didirikan. Itu bukan proses yang mudah. Ada dua jenis gitar lima-kursus, mereka berbeda di lokasi ketiga utama dan dalam pola interval. Kursus kelima dapat ditempatkan pada instrumen, karena diketahui memainkan tujuh belas not atau lebih. Karena gitar memiliki senar kelima, ia mampu memainkan jumlah nada itu. Senar gitar disetel secara serempak, jadi, dengan kata lain, senar itu disetel dengan menempatkan jari pada fret kedua dari senar paling tipis dan menyetem gitar [10]dari bawah ke atas. Senar adalah satu oktaf terpisah satu sama lain, yang merupakan alasan untuk metode penyetelan yang berbeda. Karena itu sangat berbeda, ada kontroversi besar tentang siapa yang menciptakan gitar lima kursus. Sebuah sumber sastra, Lote de Vega's Dorotea, memberikan penghargaan kepada penyair dan musisi Vicente Espinel. Klaim ini juga diulangi oleh Nicolas Doizi de Velasco pada tahun 1640, namun klaim ini telah dibantah oleh orang lain yang menyatakan bahwa tahun kelahiran Espinel (15555) membuatnya tidak mungkin baginya untuk bertanggung jawab atas tradisi. [11]Dia percaya bahwa penyetelan adalah alasan instrumen tersebut dikenal sebagai gitar Spanyol di Italia. Bahkan kemudian, pada abad yang sama, Gaspar Sanz menulis bahwa negara-negara lain seperti Italia atau Prancis ditambahkan ke gitar Spanyol. Semua negara-negara ini bahkan meniru gitar lima-kursus dengan "menciptakan kembali" mereka sendiri. [12]

Akhirnya, sekitar tahun 1850, bentuk dan struktur Gitar modern dikreditkan ke pembuat gitar Spanyol Antonio Torres Jurado , yang meningkatkan ukuran tubuh gitar, mengubah proporsinya, dan menemukan pola terobosan fan-bracing. Bracing, yang mengacu pada pola internal bala bantuan kayu yang digunakan untuk mengamankan bagian atas dan belakang gitar dan mencegah instrumen dari runtuh di bawah tekanan, merupakan faktor penting dalam bagaimana suara gitar. Desain Torres sangat meningkatkan volume, nada, dan proyeksi instrumen, dan pada dasarny

Related Posts

0 Response to "Sejarah Ditemukanya Gitar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel